Tutorial Setting SEO By Yoast Wordpress Versi Terbaru

Tutorial setting seo by yoast wordpress versi terbaru ini mungkin di butuhkan Anda yang memakai platform wordpress untuk kegiatan Blogging. Plugin seo yoast memang menjadi salah satu plugin wordpress yang di rekomendasikan untuk dapat memaksimalkan seo sebuah blog/website.

Cara setting plugin seo by yoast terbaru ini hanya dapat Anda gunakan di dalam blog/website yang menggunakan platform wordpress. Salah satu kelebihan yang dimiliki platform wordpress ini adalah banyak nya plugin yang dapat di gunakan untuk memaksimalkan sebuah blog.

Melalui artikel tutorial cara setting plugin seo by yoast ini kami berikan informasi nya untuk Anda cara setting seo by yoast plugin wordpress versi terbaru dengan lengkap. Seluruh gambar adalah murni kami ambil dari screenshot setting wordpress seo yoast di blog kami yang menggunakan platform wordpress.

Baca juga
Tutorial cara setting plugin seo by yoast ini menggunakan plarform wordpress versi 4.4.2 dan plugin seo by yoast versi 3.1.1. Selamat membaca!

Tutorial Setting SEO By Yoast Wordpress Versi Terbaru


1. Terlebih dahulu Anda harus melakukan instal plugin seo by yoast di blog Anda yang menggunakan platform wordpress. Setelah Anda melakukan instal plugin seo by yoast maka akan ada beberapa item pengaturan di plugin seo by yoast seperti tampak pada gambar di bawah ini :

Tutorial Setting SEO By Yoast Wordpress Versi Terbaru

Selanjutnya klik pada Tulisan "General". Maka akan tampil gambar seperti di bawah ini :



Tampilan awal plugin seo by yoast terbaru seperti gambar di atas. Ada 5 Tab di tampilan " Yoast SEO:General Settings". Pada tampilan awal ini Anda tidak perlu melakukan apa-apa. Tapi jika Anda ingin melakukannya sekedar untuk menambah pengetahuan hal tersebut dapat Anda lakukan.

Selanjutnya klik tab "Your Info" seperti gambar di bawah ini :


Silahkan isi "Website name" dengan judul atau Title Website/Blog yang Anda miliki. Untuk "Company or person" dapat Anda isi dengan nama Anda atau nama perusahaan Anda. Jika Anda tidak ingin mengisinya maka tidak mengapa. Selanjutnya klik "Save Changes"

Langkah selanjutnya silahkan klik tab "Webmaster Tools". Maka akan tampil seperti  gambar di bawah ini :


Silahkan isi Alexa verification ID, Bing Webmaster Tools, Google Search Console dan Yandex Webmaster Tools. Jika Anda belum memilikinya silahkan daftar dan hubungkan website/blog yang Anda miliki ke mesin pencari ini. 

Selanjutnya klik Tab "Security". Maka akan tampil gambar seperti di bawah ini :


Klik "Enabled" dan "Save Changes"

Selanjutnya klik pada Tab "Onpage.org" seperti gambar di bawah ini :


Langkah selanjutnya klik "Enabled" dan lakukan klik pada tulisan "Save Changes". 

Dengan melakukan setting awal di "Yoast SEO: General Settings" setting awal plugin seo by yoast telah Anda lakukan. 

2. Selanjutnya lakukan klik pada tulisan "Titles & Metas" seperti tampilan gambar di bawah ini :


Ada 5 Tab di dalam settingan "Titles & Metas". Tab-tab tersebut adalah General, Homepage,Post Types, Taxonomies, Archives dan Other. 

Di dalam Tab "General" ini Anda dapat memilih simbol untuk memisahkan judul artikel dengan judul blog/website yang Anda miliki. Secara default simbol pemisah tersebut adalah tanda "-". Jika Anda tidak melakukan perubahan maka Anda dapat melakukan klik pada tulisan "Save Changes"

Selanjutnya beralih kepada Tab kedua yaitu "Homepage" maka akan tampil gambar seperti di bawah ini :


Pada tulisan "Title Template" silahkan isi dengan tulisan "%%sitename%%". Hal ini menunjukkan yoast hanya akan menampilkan judul/title blog/website di mesin pencari. Selanjutnya pada tulisan "Meta description template" Anda dapat mengisinya dengan tulisan "%%sitedesc%%". 

Dengan menuliskan kata/sintaks "%%sitedesc" di kolom setting menunjukkan bahwa pemilik blog/website menginginkan tampilnya deskripsi blog/website di halaman mesin pencari. Klik "Save Changes" untuk mengakhiri setting.

Selanjutnya klik pada Tab "Post Types". Gambar akan tampil seperti di bawah ini :







Silahkan isi dan ikuti cara  setting "Titles & Metas" seperti yang tampak pada gambar di atas. Jika Anda tidak membuat "Forum" di website/blog Anda maka Anda boleh tidak mengisi kolom tersebut.

3. Selanjutnya klik "Social". Maka akan tampak gambar seperti di bawah ini :


Di dalam Tab ini ada 5 buah Tab lain yang berisi Accounts, Facebook, Twitter, Pinterest dan Google+. Silahkan isi dengan url akun media sosial yang Anda miliki. Jangan lupa setelah melakukannya untuk melakukan klik pada tulisan "Save Changes" 

4. Selanjutnya klik pada tulisan "XML Sitemaps". Maka akan tampil gambar seperti di bawah ini :


Ada 5 buah Tab pada setting "XML Sitemaps" yaitu General, User sitemap, Post Types, Exclude Posts dan Taxonomies. Anda dapat menemukan XML Sitemap Anda dengan melakukan klik pada tulisan "XML Sitemap". 

Langkah awal yang harus Anda lakukan pada setting "XML Sitemaps" ini adalah dengan melakukan klik pada tulisan "Enabled". Selanjutnya Anda dapat melakukan "Save Changes" Tanpa merubah apapun.

Ikuti cara setting "XML Sitemaps" selanjutnya seperti tampak pada gambar di bawah ini :





5. Selanjutnya klik "Advanced". Maka akan tampak gambar seperti di bawah ini. Ada 3 buah Tab "Breadcrumbs", "Permalinks" dan "RSS" yang dapat Anda kustomisasi sesuai dengan yang Anda inginkan.

Tampilan Breadcrumbs



Anda dapat merubah setting tersebut sesuai dengan yang Anda inginkan. Tapi jika Anda tidak ingin merubahnya langsung saja klik pada tulisan "Save Changes"

Tampilan Permalinks



Tampilan RSS


Jangan lupa untuk melakukan "Save Changes" setelah Anda melakukan perubahan setting.

6. Selanjutnya Anda dapat melakukan klik pada tulisan "Tools". Fitur ini dapat Anda gunakan jika memang Anda merasa membutuhkannya. Jika tidak maka Fitur ini dapat Anda biarkan saja. Tampilan Fitur "Tools" seperti di bawah ini :


7. Fitur terakhir yang ada pada plugin seo by yoast ini adalah "Search Console". Fitur ini dapat Anda gunakan untuk melihat tampilan artikel website/blog yang Anda miliki di mesin pencari. Ada 4 buah Tab di dalam fitur ini. Silahkan di gunakan jika Anda rasa perlu. Jika tidak maka biarkan saja setting "Search Console" ini secara default, tampilan standar.

Tampilan Fitur "Search Console" seperti gambar di bawah ini :






Selesai.. 

Demikian artikel tutorial cara setting SEO By Yoast wordpress versi terbaru. Semoga bermanfaat
Tag : Tutorial
Back To Top