Definisi Script Dalam Istilah Programming

Script adalah bahasa pemrograman yang menyediakan fasilitas penerjemahan serta kompilasi kode dalam satu rangkaian proses secara integratif sehingga memungkinkan kode yang dibuat dapat langsung dijalankan sebagai program secara dinamis.

Bahasa sederhananya script adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang pada saat di akses. Script atau kode program yang akan dijalankan umumnya akan diterjemahkan terlebih dulu dari kode program ke dalam PrecompileCode.

Sebagai tambahan, beberapa bahasa script bahkan telah menyediakan kompiler JIT terintegrasi yang akan mengevaluasi serta menerjemahkan bagian-bagian kritis atas PrecompiledCode tersebut menjadi kode mesin, sehingga menghasilkan eksekusi proses yang lebih cepat hingga secara relatif bisa menandingi program yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman kompilatif seperti bahasa C misalnya.

Baca juga
Perbedaan Script dan Bahasa pemrograman pada dasarnya adalah bahwa sebuah Script lebih sederhana jika di bandingkan dengan bahasa pemrograman. Namun pada perkembangannya, bahasa scripting pun saat ini sudah menjadi cukup kompleks.

Untuk menterjemahkan Script (me-run) tidak perlu suatu kompiler khusus yang komplit, sedangkan bahasa pemrograman membutuhkan suatu kompiler khusus untuk me-run program tersebut.
Kompiler sebuah Script biasa hanyalah sebuah modul (semacam plug-in) pada sisi pemroses Script; dalam hal ini aplikasi server web seperti apache.

Dalam kasus sebuah halaman situs/blog, sebuah Script di akses melalui browser di internet, sedangkan bahasa pemrograman di akses dengan membuka file/program aplikasinya. Jenis script sangat menentukan akan tampilan statis, dinamis, atau interaktifnya sebuah situs/blog.

Semakin banyak script yang digunakan maka akan terlihat semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat lebih bagus. Namun penggunaan script yang berlebihan dalam sebuah blog/situs juga akan mengakibatkan hal kurang baik seperti lamanya waktu loading sebuah blog/situs.

Jadi penggunaan sebuah script pada blog/situs juga di lihat dari kebutuhan blog/situs itu sendiri. Jika sebuah situs/blog tidak membutuhkan tampilan yang akan mempengaruhi performa situs/blog maka sebaiknya penggunaan script yang tidak terlalu di butuhkan di himdari.

Untuk dapat di ketahui bahwa bahasa dasar yang di pakai oleh setiap situs/blog adalah HTML. Sementara berbagai macam script yang di gunakan dalam pembuatan situs/blog seperti PHP, ASP, JSP, Java Script, Java Applets, VBScript di gunakan untuk membuat sebuah situs/blog memiliki kemampuan atau fitur yang di inginkan oleh pembuatnya.

Demikian artikel tentang definisi script dalam sitilah programming yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat
Tag : Pengetahuan
Back To Top